Minggu, 06 Mei 2012

Laporan Kunjungan Industri



LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
SMK NU UNGARAN
TAHUN 2010/2011


Nama                                        : Ali Mustofa
Kelas                                        :  XI.I
Program Keahlian                   : TEKHNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Bidang Keahlian                      : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUNIKASI


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NAHDLATUL ULAMA
SMK NU UNGARAN
KOPETENSI KEAHLIAN :1. TEHNIK KOMPUTER DAN JARINAN
                2. MULTIMEDIA
Alamat: Jln. Kaligarang No.9 Ungaran 50511 Telp./fax (024) 6924034
E-mail : smknu@smknu ungaran.sch.id
Website : URL : http://www.smknu-ungaran.sch.id




kata pengantar


          puji dan syukur kehadirat allah SWT atas berkat rahmat, hidayat, dan inayahnya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan kunjungan industri pada waktu yang telah di tentukan.
            Laporan kunjungan industri ini penulis  buat berdasarkan pengamatan apa yang penulis lihat dan tulis yang sehingga menghasilkan data selama waktu kegiatan kunjungan industri berlangsung.
            Laporan ini berisi tentang apa saja yang kami dapat dari kunjungan industri di UDINUS (UNIVERSITAS DIAN NUSWANTARA) dan POLINES (POLITEHNIK NEGRI SEMARANG).
            Dengan di adakannya kunjungan industri penulis mengucapkn terimakasih kepada Bapak /Ibu guru dan pihak yang terlibat di dalamnya yang telah mendampingi kami dalam acara kunjungan industri sehingga kegiatan KI berjalan dengan lancar.
Penulis menyadari  masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan dan tidak selengkap dengan kegiatan kunjungan industri karna keterbatasan waktu di tempat KI. oleh karma itu saya mengharapkan saran,kritik dan kemakluman dari Bapak / Ibu Guru kepada penulis dalam menyusun laporan ini.

Wassalamualaikum wr.wb.

Ungaran , 17 Desember 2010
Penyusun



         Ali Mustofa


 DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ............................................................................................................................  i
DAFTAR ISI ......................................................................................................................................... ii

BAB I
KUNJUNGAN INDUSTRI KE UDINUS (universitas dian nuswantara) ................  1 
  1. Kunjaungan industri ke lab jaringan UDINUS  ................................................................................  1
  2. Kunjungan industri ke UPT TV KU  ...............................................................................................  2

BAB II
KUNJUNGAN INDUSTRI KE POLINES (POLITEHKNIK NEGRI SEMARANG)................. 6 
  1. Sambutan dari wakil direktur 1 dan 2 .............................................................................................  6
  2. Sambutan dari dosen Elektronika POLINES ..................................................................................  7
  3. Kunjugna ke ruang pengajar Web Desain .......................................................................................  7

BAB III
PENUTUP  .......................................................................................................................................  8


BAB 1

KUNJUNGAN INDUSTRI KE UNIVERSITAS DIAN NUSWANTARA (UDINUS)

1.     KUNJUNGAN INDUSTRI KE LAB JARINGAN UDINUS
             Kunjungan pertama, peserta menuju ke LAB jaringan milik UDINUS ,lab jaringan untuk TKJ ini merupakan lab yang istimewa yagn di desain dengan sebagus mungkin ,dan begitupaun speed komputernya yang  memiliki kecepatan prosses yang tinggi ,karna lab ini merupakan lab yang istimewa hamper di lab ini tidak ada kekuranan nya ,dan di sini kita juga di jelasin topolgy apa yang di gunakn di lab jaringan milik UDINUS . ternya di lab itu menggunakn beberapa topology yang di rangkai jadi satu dan topology akan berubah sesuai kebutukan dari topology star dan tree namun yang sering di gunakan adalah topology star .
                Di dalam lab itu jg terdapat 3 anteana yang terdiri dari 2 antena great dan 1 antena omni .untuk metode antena great adalah sinyal bergerak secara  lurus sehingga antean ini dapat  menembakkan 1 antena great yang 1 dengan yang laen dalam mengirimkan data dan mempunyai jarak jangkauan kurang lebih 3 kilometer
                Sedangkan untuk antenna omni sinyal bergrak denga jangakuna memutar mengelilingi antean dengan jarak jangkauan kurang lebih 1 kilometer.
                Untuk mencetak lulusan yang berkualitas UDINUS juga berkerjasama dengan universitas luar negri seperti universitas di malesia sehingga apbila ada lulusan UDINUS yang berprestsi baik maka akan mendapatkan bisiswa skolah gratis di universitas Malaysia tersebut ,dan udinus juga menjalik keraj sama dengan UI (universitas Indonesia ).

2.     KUNJUNGAN KE UPT TV KU

Gamabar 1. Ruang UPT TV KU 

Gambar 1.2 Rak tempat SO mikriting
                Rak ini merupakan tempat SO mikriting di letakkan ,SO mikriting adalah sebuah SO atau perangkat yang mempunya pemrosesan berkecepatan tinggi dan memory berkapasitas besar,yang di gunakan untuk pengolahan warnet , dan gambar di atas merupakan gambar perangkat SO mikriting pengelola ata pusat pengontrol layanan warnet di UDINUS.

Gambar 1.3 Rak moon bagian atas tempat perangkat menejemen swict.
                Gambar di atas  merupakan Rak Moon bagian atas sebagi tempat manajemen yang canggih,perangkat in sebagai pengolah managemen swict external.


Gambar 1.4 Rak moon bagian bawah dengan perangkat radio link.
                Gambar dia atas merupakan gambar perangkat radio link,radio link ini di gunakan untu back up data jika suatu saat  perangkar backbone mati.

 
Gambar 1.5 gambar perangkat server data base
                Perangakat ini di jadikan sebagi server atau pusat pengaontrol /penyedia layanan ,perangkat ini mempunyai kecepatan proses yang sangat tinggi karna di gunakan sbg server.


Gambar 1.6 gambar peranglat server striming
                Perangkat ini di gunakan untuk melihat web.misalkan webnya udinus.

Gambar 1.7 komputer server
                Computer server ini di gunakn sebagai pengontrol dan pemonitoring dari perangkat di atas seperti SO mikriting,perangkat pengolah managemen switch,radio link,server data base,dan server striming dan peralatan lain yang terkoneksi dengan computer server.


                                                                                       

BAB II

KUNJUNGAN INDUSTRI KE POLITEKNIK NEGERI SEMARANG ( POLINES)


           Kunjungan yang ke dua kami ke politehknik negri semarang ( polines) saat sampai di sini kita langsung menuju ke ruang serbaguna milik POLINES di sini terdapat beberapa sambutan dari pihak POLINES dan juga pembimbign SMK NU.
1.      SAMBUTAN DARI WAKIT DIREKTUR 1 DAN 2
Dalam sambutan pertama ini dari wakil direktur yaitu Ibu Yuyun.dan di lanjutkan engan sambutan yang ke 2 dari wakil direktur 2 dari sambutan 1 dan 2 ini menjelaskan bagaimana tatatertib di POLINES dan juga menjelaskan bagaimana tatacara dan syarat untuk kuliah di POLINES. Dan ternyata untuk masuk di POLINES siswa akan di test telebih dahulu sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas.dan di polines jg terdapat beberapa kealas yang si khususkan untuk bidang keahlian TKJ di antaranya adalah:
Ø  Kelas PSB   : kelas untuk peserta didik yang berprestasi
Ø  Kelas UMPN
Ø  Kelas khusus : di kelas khusus ini hanya peserta didik tertentu,yaitu perekrutan mahasiswa dari potensi akademik.

Di POLINES ini terdiri dari beberapa kelas dan jurusan seperti perekrutan D3 untuk kelas tehnik jaringan computer,dan juga D4 untuk akademik tehknik jaringan kkomputer dan radio. Setelah dari sambutan kedua pihak dari POLINES di lanjutkan dengan sambutan wakil pembimbing dari SMK NU

2.      SAMBUTAN DARI DOSEN ELEKTRONIKA POLINES
Dari dosen elektronika menjelaskan pentingnya system komuniksi di saat ini dan menjelaskan tentang system yberlaku untuk jurusan tehknik jaringan ,karna tehnik jaringan masih berhubungan dengan elektro.yang mana dalam tehnik  jaringan di polines di bagi menjadi 2 yait tehknik jaringan computer dan jaringan computer radio.dan untuk menyerap tenaga kerja dari lulusan akademi ,polines juga menjalin kejasama dengan perusahaan luar seperti dengan perusahaan PLN.

3.      KUNJUNGAN KE RUANG PENGAJARAN WEB DESAIN
 Kunjungan kali ini kita ke ruang Lab pengajaran web desain yang di miliki oleh POLINES.di sini kita di perkenankan untuk bertanya kepada para mahasiswa yang sedang vbelajar membuat web desain dan di sini kita di beri tahu bagaimana awal pertama pra persiapan pembuatan web desain, dan aplikasi apa yang di gunakan utuk membuat suatu web.

Dengan adanya kegiata kunjunan industri ini membuat siswa menjadi mengetahui bagaiman sebuah universitas maupun perusahaan berjalan terus maju, dan juaga memberiakan pengalaman dan pengaetahuan baru tentang sebuah industri.



BAB III


PENUTUP
  • KESIMULAN 
          Susunan buku laporan ini merupakan hasil dari pengamatan dari apa yang penulis amati dan dapatkan selama kegiatan kunjungan industri berlangsung yang di adakan di dua universitas yaitu di UNIVERSITAS DIAN NUSWANTARA ( UDINUS ) DAN POLITEHNIK NEGRI SEMARANG ( POLINES ).yang berisaikan dari susunan, jurusan kehlian dan apasaja yang ada di universitas tersebut yagn berhubungan langsung dengan  bidang keahlian tehnik jaringan computer yang ada di kedua universitas tersebut.sehingga kita menjadi tau bagaimana sebuah industri berjalan danberkembang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


widget